Beranda | Artikel
Mendekati Anak Perlu Usaha
Kamis, 23 Februari 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Mendekati Anak Perlu Usaha merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Mendidik Anak Tanpa Amarah. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 23 Rajab 1444 H / 14 Februari 2023 M.

Mendekati Anak Perlu Usaha

Mendidik adalah sebuah tugas dan tanggung jawab yang dibebankan ke pundak para orang tua. Maka mereka harus mengerahkan segala usaha/upaya/ikhtiar untuk mengemban tugas mulia tersebut.

Oleh karena itu jangan pernah merasa gagal dalam mendidik anak. Jatuh bangun dan berbuat salah dalam mendidik itu pasti, tapi jangan pernah merasa gagal. Karena itu menunjukkan keputusan.

Mungkin kita ingin segera meletakkan tugas itu dari pundak kita. Jangan merasa gagal, tapi wajib merasa salah. Karena kita banyak jahilnya, banyak lupa, banyak lalai. Kita harus menyadari dan mengakui itu.

Oleh karena itu kita berkewajiban untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut. Sehingga dari waktu ke waktu semakin baik dalam mendidik anak-anak. Mungkin mendidik anak pertama tidak sama seperti mendidik anak yang kedua atau ketiga. Berdasarkan pengalaman mungkin kita semakin matang. Itu satu yang wajar terjadi. Oleh karena itu manusia (apalagi orang tua) harus terus belajar memperbaiki kesalahan-kesalahannya. Dan jangan sekali-kali merasa gagal. Karena kita tidak tahu kesudahannya. Yang yang menjadi kewajiban kita adalah terus berusaha dan tetap konsisten dan istiqamah.

Ada orang tua yang merasa berhasil lalu dia lalai dan lengah. Pada saat lalai dan lengah ini mungkin sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Atau dia stuck (berhenti) tidak bisa memanfaatkan dan memompa potensi anaknya lebih jauh luas dan lebih besar lagi. Ini satu kerugian tentunya. Maka jangan pernah merasa puas dan jangan pernah merasa gagal.

Yang Allah Subhanahu wa Ta’ala nilai dari kita sebagai orang tua adalah usaha yang sudah kita keluarkan, usaha yang sudah kita lakukan. Banyak di sana orang tua yang berpangku tangan anaknya jadi, tapi bukan melalui dirinya. Tentunya dia rugi karena tidak terhitung orang tua yang berhasil di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Pendekatan kepada anak

Mendekati anak itu perlu usaha. Kadang-kadang ini tidak mudah. Karena hati tidak bisa dipaksakan. Ada orang tua yang berusaha sedemikian rupa mati-matian mendekati anaknya tapi anaknya sepertinya tidak merespon atau justru menjauh dari orang tua. Jangan putus asa. Lakukan terus usaha untuk mendekati mereka.

Kalau kita yang tidak mendekati mereka, siapa lagi? Jangan biarkan orang-orang atau pendidik-pendidik yang tidak bertanggung jawab mendekati anak-anak kita.

Untuk bisa selalu dekat di hati anak tentunya dibutuhkan berbagai macam usaha. Disamping itu satu hal yang sangat penting adalah waktu yang cukup bersama mereka, bukan sebaliknya. Akan tetapi sayang banyak orang tua yang justru hilang dari kehidupan anaknya. Mungkin karena kurangnya kepedulian terhadap kebutuhan jiwa anak-anak tersebut. Padahal ada banyak hal yang mungkin bisa dilakukan agar anak itu dekat dengan kita. Kadang kala yang terjadi justru sebaliknya, orang tua tidak memperhatikan. Sehingga anak itu semakin hari semakin jauh dari orang tuanya dan kemudian dia asyik dengan dunianya sendiri. Inilah yang sering terjadi sehingga masing-masing sibuk dengan kegiatannya masing-masing.

Ada beberapa perilaku yang menjauhkan orang tua dari anak-anak. Di antaranya adalah orang tua tidak berbicara dengan anak-anak mereka dan meninggalkannya di kamar untuk waktu yang lama tanpa bertanya sama sekali kepada mereka.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajiannya.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52720-mendekati-anak-perlu-usaha/